Tentang Sholat Khusyu’

Photo

Alhamdulillah hari puasa pertama berhasil saya lalui dengan gemilang. Rupanya doping Tea dan kurma telah berhasil membangun staminaku. Nggak lupa kekuatan niat untuk menjalani ibadah sebaik mungkin, punya andil besar dalam membantu kelancaran hari ini.

Anyway, saya kembali berpetualang bersama tetangga saya @zoothera dan si mbak tetangga yg namanya Mbak Mut. Kali ini kita pindah tarawih di Mushalla yg lebih besar dari kemarin.

Karena mushalla penuh, kami kebagian tempat di ‘bibir’ Mushalla. Lahannya terbatas banget dan kami berdiri di ujung ‘jurang’ mushalla yg tingginya 1,5 meter. Kalau lengah mundur sedikit akibatnya bakal ‘lumayan’ banget! Kali ini juga banyak anak-anak kecil dengan teriakan-teriakannya yang semakin menenggelamkan suara imam yang pelan. Belum lagi imam yang memimpin sholat dengan kecepatan tinggi. 23 Rakaat selesai dalam sekejap hehe. Well… Kalo udah begini… Apa kabar sholat khusyu’ ?? Sebenernya definisi khusyu’ itu sendiri gimana, saya masih menerka-nerka. Kalau artinya 100% pikiran ke sholat kayaknya sih nggak mungkin. Tapi paling nggak, harus aware… Bahwa setiap gerakan sholat dan setiap bacaan yang kita lafalkan, itu hanya untuk Allah SWT. Dan bahwa kita sedang sholat itu, artinya kita menghadap-Nya dengan sadar dan atas keinginan kita sendiri. Kebayang kan, kalau kita pengen naik gaji, menghadap bos, trus pas lagi ngobrol sama bos, kita malah ngebayangin makan siang apa ntar ama temen2. Permintaan kita untuk naik gaji jadi nggak khusyu’ kita sampaikan ke bos. Akibatnya? Pesan jadi nggak sampai, kalaupun sampai, bos kita mikir juga, “Ni anak nggak serius nih minta naik gaji. Kapan-kapan aja deh gue kasi!” Nah loh!

Trus gimana caranya biar khusyu’ ? Mungkin ayat ini bisa kasih kata kunci-nya:

Dan mohonlah pertolongan dengan sabar dan shalat. Dan sesungguhnya shalat itu berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu???. (Yaitu) orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menjumpai Rabb mereka dan sesungguhnya mereka akan kembali kepada-Nya. (Q.S. al-Baqarah [2] : 45 ??? 46)

Semoga Allah memberi pencerahan, always! Amiin!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s