Semalam di Al-Azhar


Photo


I???tikaf adalah tinggal atau menetap di dalam masjid dengan niat beribadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dan ini lah yang coba saya lakukan hari Sabtu lalu di mesjid Al-Azhar atas undangan salah satu teman di YISC Al-Azhar. 

Apa sesungguhnya yang dilakukan selama I’tikaf? Basically ya melakukan berbagai macam ibadah. Setelah shalat Tarawih, ada tadarus Al-Quran dilanjutkan tausyiah dari ustadz. Saya sendiri selain membaca Al-Quran dalam bahasa Arab, saya juga menggunakan waktu untuk mempelajari tafsirnya. 

Midnight. Saya dan my sis, Astrid, kemudian keluar untuk membeli makan. Keluar masjid untuk tujuan tertentu itu dibolehkan. 

Kami kembali ke aula mesjid untuk tidur sejenak sebelum waktu sahur. Jam 3, saya terbangun dan langsung sholat Tahajjud. Bersama-sama peserta I’tikaf lain, kami mulai makan sahur. Buka bersama itu biasa, sahur bersama baru luar biasa :p

Sambil menunggu Subuh, kami kembali mengaji. Btw, saya ngantuk sekali hingga nyaris jatuh pas sholat karena imam bacaannya kepanjangan haha. 

Saya awalnya agak skeptis dengan tausyiah seusai sholat Subuh. Karena saya sedang dalam kondisi ngantuk berat. Ternyata ustadznya lucu sekali. One of the best. Sayangnya saya nggak tau namanya 😐

Kesan dari semalaman di mesjid: peaceful. I just lost a lot of money due to credit card fraud and spend also signifant amount for some personal needs. Dan semua rasa kalut dan nggak ikhlas karena masalah uang itu terangkat begitu saja. Alhamdulillah. 

Malam itu, I learned that, ngambil air wudhu berulang kali dalam semalam bisa membuat wajahmu bercahaya. Baru sadar, warna langit di atas kubah mesjid selalu yang terindah. I also met great friends yang memberi tentram dan pencerahan. Have a plan to do, hopefully a good cause, to help others. And have a great moment with my sister that I always missed. 

I thought I’tikaf itu aku lakukan untuk Allah. Sebenarnya, semua ini untuk aku sendiri. Thank you, Allah, for always been so kind to me. 
2 thoughts on “Semalam di Al-Azhar

Leave a Reply

